Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang berlokasi di gedung 2 BPPT lantai 6 di Jl. M.H.Thamrin No. 8 Jakarta Pusat adalah salah satu unit di BPPT, yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan perekayasaan teknologi dan pelatihan bidang lainnya.  

 

Kegiatan pendidikan dan pelatihan yang telah dilakukan selama ini merupakan kontribusi nyata Pusbindiklat dalam mempersiapkan sumber daya manusia indonesia yang profesional dan kompeten di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). 

  

Pada era tahun 80-an, tepatnya sampai dengan tahun 1983, kegiatan pendidikan dan pelatihan diselenggarakan oleh Bagian Pendidikan dan Latihan (Bagian Diklat) sebagai unit eselon 3 yang berada di bawah Biro Personalia dan Diklat.  Pada waktu itu, pendidikan dan pelatihan diselenggarakan hanya untuk pengembangan kompetensi SDM BPPT saja. 

 

Menyadari pentingnya peran iptek di era global, yang antara lain adalah untuk mempertajam daya saing bangsa, mengakselerasi roda pembangunan di segala bidang kehidupan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, maka diciptakan suatu program pengembangan sumber daya manusia indonesia dalam bidang iptek.  

Tepatnya pada tahun 1984, BPPT c.q. Biro Personalia dan Diklat/Bagian Diklat ditunjuk menjadi pelaksana program pendidikan dan pelatihan bidang iptek bagi ilmuwan, enjinir/perekayasa dan teknisi yang bekerja di Departemen dan Lembaga Pemerintah Non Departemen, seperti: LIPI, BPS, BATAN, BAKOSURTANAL dan LAPAN, juga di industri-industri strategis, seperti: IPTN, PAL, PINDAD, KRAKATAU STEEL, INKA, DAHANA, INTI, LEN, BHARATA dan BBI untuk mengikuti program beasiswa S1, S2 atau S3 di universitas dan pelatihan di industri baik di dalam maupun di luar negeri.  

 

Program beasiswa pendidikan yang pertama kali diselenggarakan adalah Overseas Fellowship Program (OFP) tahun 1984 – 1992.  Kemudian dilanjutkan dengan Science & Technology for Manpower Development Program (STMDP) tahun 1992 – 1998. Terakhir adalah Science & Technology for Industrial Development (STAID). Berdasarkan data yang ada, lebih dari 5000 orang telah berpartisipasi dalam program beasiswa pendidikan dan pelatihan tersebut.  Program beasiswa pendidikan ini didanai oleh APBN, World Bank, OECF dan JBIC – Japan.

 

Seiring dengan berjalannya program – program tersebut, tahun 1992 menjadi momentum penting. Unit pengelola pendidikan dan pelatihan ini ditingkatkan menjadi unit eselon 2 dengan nama Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat), yang mengemban tugas khususnya sebagai pusat pendidikan dan pelatihan bidang perekayasaan teknologi.  Pada saat itu, Kantor Menteri Riset dan Teknologi (KMRT) secara resmi ditunjuk sebagai instansi pembina jabatan fungsional Perekayasa dan Teknisi Litkayasa.  

 

Pada tahun 2003, BPPT berkoordinasi dengan KRT, Menpan dan BKN bersama-sama mencari jalan keluar yang baik agar proses pembinaan karir dalam jabatan fungsional ini berjalan secara optimal.  Maka pada tahun 2004, berdasarkan SK/Kep/193/M.PAN/XI/2004 secara resmi Kantor Riset dan Teknologi (KRT) melimpahkan kepada BPPT  sebagai instansi pembina jabatan fungsional Perekayasa dan Teknisi Litkayasa, sekaligus sebagai penyelenggara diklat fungsional Perekayasa dan Teknisi Litkayasa nasional. Kemudian diterbitkan Surat Kepala No. 107/Kp/KA/IX/2004 tentang Pusdiklat sebagai unit pengelola Pembina, Pendidikan dan Pelatihan jabatan tersebut. 

 

Di awal tahun 2006 menjadi momentum paling bersejarah dimana berdasarkan Surat Keputusan KA. BPPT Nomor: 170/Kep/KA/BPPT/IV/2006, Pusdiklat berubah nama menjadi PUSBINDIKLAT (Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan).   Perubahan nama tersebut berimplikasi pada peran, tugas dan tanggungjawab unit ini untuk semakin fokus dan commit dalam pelaksanaan pembinaan dan pengembangan jabatan fungsional Perekayasa dan Teknisi Litkayasa di Indonesia.

 

 

Statistik Pengunjung

4.png2.png9.png4.png2.png1.png
Today438
Yesterday437
This week875
This month9700

Hubungi Kami

Pusbindiklat BPPT Jl. MH. Thamrin No 8 Gd. 2 Lt. 6 Jakarta 10340

Telp: (021) 316 9182

Fax: (021) 310 1416